Semua Fraksi DPRD Kabupaten Pati Sampaikan Pandangan Umumnya, Terhadap Perubahan APBD Tahun 2021
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati

Selasa, 31 Agu 2021 | 21:20:11 WIB - Oleh Administrator


 

 

             DPRD Kabupaten Pati news - Fraksi di DPRD Kabupaten Pati berikan pandangan umunya terhadap pembahasan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Pati tahun 2021, dalam agenda rapat Paripurna siang ini (31/8). 

 

Penyampaian pandangan umum Fraksi ini, disampaikan secara kolektif oleh anggota Komisi D Wardjono, dimana setelah kemarin fraksi-fraksi mendengarkan penjelasan Bupati Pati terhadap raperda tentang perubahan APBD tahun 2021, kami dari seluruh fraksi menyampaikan pandangan umum. Berupa catatan, saran, dan masukan. 

 

Diantara fraksi yang memberikan catatan itu adalah fraksi PDI Perjuangan. Fraksi ini menyoroti kondisi penurunan target pendapatan daerah baik yang bersumber dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer dan penerimaan pembiayaan daerah, sehingga perlu dilakukan perubahan APBD 2021.

 

Fraksi PDI Perjuangan juga mengharapkan peruabahan APBD tahun 2021 ini hendaknya tetap mempertimbangkan kondisi perekonomian dan mengedepankan wong cilik, dan harus menjunjung tinggi prinsip akuntabel, efesien , efektif, dan lebih mengutamakan sinkronisasi program dan kegiatan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemkab Pati terutama dalam penanganan program dan kegiatan pemulihan di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial akibat pandemi Covid-19.

 

Senada dengan Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Demokrat juga memberikan catatan agar perubahan anggaran ini tetap berpedoman pada efektivitas kegiatan yang berdampak langsung kepada kemakmuran masyarakat, yaitu kegiatan-kegiatan yang benar-benar bersumber dari aspirasi masyarakat.

 

Pada dasarnya, semua fraksi di DPRD Kabupaten Pati mendukung pembahasan lebih lanjut rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Pati tahun 2021, dengan memberikan catatan maupun masukan sehingga dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan.