Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, DPRD Berikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Pati Tahun 2021
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati

Senin, 18 Apr 2022 | 21:07:55 WIB - Oleh Administrator


 

 

                            DPRD Kabupaten Pati news - DPRD Kabupaten Pati sampaikan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Pati tahun 2021, agar nantinya bisa menjadi masukan dan arah dari kebijakan selanjutnya bagi Pemerintah Daerah agar lebih baik lagi di masa yang akan datang. 

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin dalam rapat paripurna terkait agenda tentang penyampaian hasil rekomendasi DPRD Kabupaten Pati terhadap LKPJ Bupati Pati tahun 2021, Senin (18/4) siang ini. 

 

Rekomendasi ini sendiri, didapat dari beberapa rapat internal yang sebelumnya dilakukan oleh Komisi-komisi di DPRD Kabupaten Pati bersama pihak terkait, yang membahas LKPJ Bupati Pati tahun 2021 dengan mencermati penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Pati.

 

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin juga menjelaskan dimana dalam acara rapat kali ini, sebelumnya juga sudah disampaikan oleh saudara Bupati tepat satu bulan yang lalu, jadi kita sinkronkan dan tadi juga sudah kita sepakati bersama rekomendasi ini dalam rapat paripurna internal DPRD Kabupaten Pati. Agar menjadi catatan kinerja Bupati Pati di tahun yang akan datang maupun tahun yang berjalan ini. 

 

Lanjutnya, dalam rekomendasi yang dibacakan oleh anggota DPRD Kabupaten Pati Narso, DPRD Kabupaten Pati memberikan rekomendasi yang dibagi dalam empat sub rekomendasi. Yang diantaranya, Usulan terkait kebijakan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan  dasar  di beberapa bidang seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat, ketentraman dan ketertiban umum,  serta sosial.

 

Kemudian yang kedua, usulan terkait urusan pemerintahan wajib tidak berkaitan dengan pelayanan dasar  di beberapa bidang seperti  tenaga kerja, pangan, lingkungan hidup, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, pemberdayaan masyarakat desa, perhubungan, komunikasi dan informatika, koperasi UKM, penanaman modal , kepemudaan olahraga , dan perpustakaan kearsipan. Dan yang ketiga Ada juga sub tentang urusan pilihan melingkupi rekomendasi DPRD di bidang kelautan perikanan, pertanian, perdagangan perindustrian, dan pariwisata.

 

"Serta yang terakhir, rekomendasi DPRD di bidang penunjang yang meliputi rekomendasi untuk OPD teknis seperti OPD perencanaan (BAPPEDA), BPKAD (keuangan), inspektorat daerah, sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dan urusan kewilayahan. Semoga rekomendasi ini nantinya bisa menjadi masukan dan arahan bagi Pemerintah Daerah agar lebih baik lagi di masa yang akan datang," Pungkasnya. 

 

Diakhir acara rapat Paripurna yang berlangsung ini, juga telah dilakukan penyerahan secara simbolis rekomendasi dari DPRD Kabupaten Pati terhadap LKPJ Bupati Pati tahun 2021 oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin kepada Bupati Pati Haryanto.