Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati: Bahas Tiga Agenda Penting
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati

Kamis, 08 Agu 2024 | 18:57:23 WIB - Oleh Administrator


 

                   DPRD Kabupaten Pati news - DPRD Kabupaten Pati kembali menggelar Rapat Paripurna, dimana dalam rapat tersebut membahas tiga agenda penting, yaitu persetujuan bersama dan penandatanganan nota kesepakatan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Pati tahun 2024, laporan hasil reses tahap 1 tahun 2024, serta laporan Pansus III terkait Raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman, pada Rabu (07/08/2024). Kemarin siang.

 

Dalam agenda pertama, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin, menjelaskan bahwa perubahan KUA dan PPAS ini merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan alokasi anggaran untuk pembangunan daerah. "Nota kesepakatan ini nantinya akan dimintakan fasilitasi dari Gubernur Jawa Tengah sebelum disahkan menjadi Perda," ujar Ali Badrudin. 

 

Perubahan ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dalam pelaksanaan program-program yang mendukung kemajuan Kabupaten Pati.

 

Agenda kedua, yaitu laporan pelaksanaan hasil reses tahap 1 tahun 2024, menjadi momen bagi anggota DPRD untuk menyampaikan hasil penjaringan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. "Hasil reses ini merupakan cerminan dari kebutuhan dan harapan masyarakat yang disampaikan kepada kami. Tentunya, masukan ini akan menjadi dasar dalam pembangunan Kabupaten Pati ke depan," tambah Ali Badrudin.

 

Sementara itu, dalam penyampaian laporan Pansus III, dibahas mengenai Raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Melalui Raperda ini, diharapkan pengembangan kawasan perumahan di Kabupaten Pati dapat dilakukan secara terpadu, berkelanjutan, dan sesuai dengan tata ruang yang telah ditetapkan. "Ini merupakan bagian dari upaya DPRD untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik dan terencana dengan baik," Ujarnya.

 

Rapat Paripurna ini menjadi langkah konkret DPRD Kabupaten Pati dalam menjalankan fungsinya untuk memastikan bahwa setiap kebijakan dan peraturan yang disusun benar-benar mencerminkan aspirasi masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Pati.