Komisi B DPRD Kabupaten Pati Hadiri Acara Panen Bersama Demfarm dan Pengembangan VUB
Panen Bersama Denfarm dan Pengembangan VUB

Jumat, 18 Jun 2021 | 00:04:22 WIB - Oleh Administrator


 

 

         DPRD Kabupaten Pati news - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian gelar acara Panen Bersama Pengembangan Varietas Unggul Baru (VUB) Sawah Tadah Hujan di dusun Playon, Desa Sukopuluhan, Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati ( 17 Juni 2021 ).

 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Fadjry Djufry, Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Husnai, Perwakilan dari DPR RI dan beberapa Pejabat Kementerian Pertanian.

 

Kegiatan panen bersama dihadiri oleh 40 tamu undangan, termasuk diataranya Bupati Pati, DPRD Kabupaten Pati yang diwakili Komisi B Bapak H. Darbi ,Kapolres Pati,  Dandim dan Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

 

Kegiatan Penen bersama dilakukan untuk mendemonstrasikan teknologi Panca Kelola Tanah Lingkungan (Panca Kelola Ramli) atau upaya adaptasi perubahan iklim di lahan tadah hujan. Di Pati program Panca Kelola Ramli diujicobakan  pada lahan sawah seluas 5 hektare di Desa Sukopuluhan Pucakwangi dan melibatkan 8 petani setempat.

 

Husnain, Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) dalam sambutannya mengatakan perlu adanya teknologi dan perlakuan khusus pada sawah tadah hujan. Salah satu diantaranya dengan mengimplementasikan teknologi panc kelola ramah lingkungan.

 

lebih lanjut, Husnain memaparkan Teknologi pancakelola ramli pada lokasi lahan sawah tadah hujan terdiri dari 5 komponen. Diantaranya Penggunaan Varietas Unggul Baru (VUB) sawah tadah hujan diantaranya inpari 38, inpari 39, inpari 41, dan Cisaat yang ditanam dengan sistem jajar legowo.

 

Bertolak dari lokasi Panen Raya rombongan melakukan perjalanan untuk meninjau Balingtan Nasional yang berada di Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.

 

Diarea 32 hektar ini Balingtan satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia tenggara melakukan Inovasi2 terbarukan demi meningkatkan Kualitas didalam bidang pertanian.Disini diperkenalkan berbagai inovasi dan beberapa cara eksperimen dan penelitian oleh para Ahli di bidang Pertanian.

 

H.Darbi berharap Pertanian di Indonesia semakin maju untuk menopang ketahanan pangan bagi seluruh Warga negara Indonesia.