Adakan Rakor, Komisi D DPRD Kabupaten Pati Minta Rumah Sakit Bantu PMI Cari Pendonor Plasma Konvalen
Komisi D DPRD Kabupaten Pati

Senin, 26 Jul 2021 | 22:04:22 WIB - Oleh Administrator


                   

                DPRD Kabupaten Pati news - Komisi D DPRD Kabupaten Pati adakan rapat koordinasi bersama PMI Kabupaten Pati dan beberapa Direktur rumah sakit di Kabupaten Pati, yang bertempat di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati. Senin (26/7) pagi ini. 

 

Rapat tersebut membahas terkait PMI Kabupaten Pati yang mengalami kesulitan dalam mencari pendonor plasma konvalensen, padahal permintaan plasma darah konvalensen meningkat sejak bulan lalu. 

 

Hal tersebut membuat Komisi D DPRD Kabupaten Pati mengambil tindakan dengan melakukan rapat koordinasi ini, dimana Komisi D DPRD Kabupaten Pati meminta kepada seluruh rumah sakit di Kabupaten Pati untuk membantu dengan memberikan data penyintas Covid-19. 

 

Ketua Komisi D Wisnu Wijayanto mengatakan, jika kegiatan ini sebagai langkah dari DPRD Kabupaten Pati agar masyarakat yang terinveksi virus corona bisa mudah memperoleh donor plasma. Mengingat ketersediannya di PMI Pati juga sangat terbatas. 

 

"Dengan ini donor plasma konvalesen untuk terapi pendamping bagi pasien Covid-19 diharapkan bisa lebih di maksimalkan," ujarnya. 

 

Selain itu, juga diharapkan agar nantinya ada sinkronisasi data antara PMI dan rumah sakit sehingga proses administrasinya tidak berbelit. Dirinya juga menyarankan agar di buat MOU antara pihak rumah sakit, sehingga dalam hal ini Dinkes Kabupaten Pati bersama PMI tidak disalah gunakan. "PMI juga ndak kesulitan mencari pendonor plasma konvalensen," ucapnya. 

 

Untuk itu, bagi masyarakat Kabupaten Pati yang pernah terpapar virus corona dan telah dinyatakan sembuh. agar mau mendonorkan darahnya melalui PMI Kabupaten Pati. "Dan saya menjamin tidak ada biaya bagi pasien maupun pendonor." Tandasnya.